RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 6 Kota Cirebon
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.
I. Indikator Pencapaian Kompetensi
· Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
II. Materi Ajar
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan-diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengamati ciri-ciri makhluk hidup. | · Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi | · Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup. |
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
· Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
“ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
“ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
· Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
· Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
· Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
............................................. ............................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
0 comments:
Post a Comment