WELCOME TO MY BLOG

Tuesday, December 6, 2011

RPP berkarakter kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMA Negeri 6 Kota Cirebon
Mata Pelajaran         : Biologi
Kelas/Semester         : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                 : 1
Alokasi Waktu          : 1 jam pelajaran

Standar Kompetensi :  1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     :  1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan                       : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,        Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli       lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·         Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II.                Materi Ajar
·         Pengertian Biologi sebagai ilmu
·         Ciri-ciri makhluk hidup

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan-diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati ciri-ciri makhluk hidup.
·        Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·     Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·         Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.     Kegiatan inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);
·         Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli             lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);

V.                Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

VI.             Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                          Guru Mata Pelajaran



.............................................                                                   ............................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.

0 comments: