WELCOME TO MY BLOG

Monday, December 19, 2011

VAKUOLA
  1. VAKUOLA TUMBUHAN
Vakuola atau rongga sel adalah organel sitoplasmik yang berisi cairan dan dibatasi membran yang mungkin identik dengan membran sel. Pada sel tumbuhan muda memiliki banyak vakuola kecil-kecil. Semakin dewasa jumlah vakuola maka semakin sedikit vakuola yang tersisa hal ini disebabkan karena adanya penggabungan dari vakuola kecil menjadi vakuola yang berukuran besar.

 Sel-sel tumbuhan yang memiliki vakuola besar biasanya adalah sel-sel parenkimdan kolenkim.vakuola tersebut dibatasi oleh membrane yang disebut Tonoplas. Sel dewasa hanya memiliki satu vakuola tengah (Vakuola Central) yang berukuran besar dikelilingi membrane tonoplas yang bersifat Diferensial Permiabel
Vakuola tengah (Vakuola Central)  terbentuk sebagai akibaat pertumbuhan dinding sel yang lebih cepat daripada pertumbuhan sitoplasma. Vakuola tengah ini berisikan cairan (getah sel) yang berupa larutan pekat, yang kaya akan Mineral, Gula, O2, Asam Organic CO3, Pigmen, Enzim, dan Sisa-sisa Metabolisme.

                Gambar 1 Vakuola Tumbuhan
Fungsi Vakuola pada tumbuhan
1)    Tempat penimbunan sisa metabolisme dan metabolit sekunder seperti: Ca-oksalat, Tanin, Getah karet, dan alkaloid..
Ca-oksalat berbentuk kristal dan banyak terdapat papa sayuran, misalnya pada daun bayam dan daun Pepaya. Alkaloid banyak ditemui pada tumbuhan untuk jamu tradisional misalnya kunyit, Jahe, dan Temulawak.
2)    Tempat penyimpanan zat makanan.
3)    Amilum dan gula disimpan dalam  vakuola dan jika diperlukan dapat digunaklan kembali. Misalnya pada akar ketela pohon (tepung) dan batang tebu (Gula)
4)     Memasukan air melalui Tonoplas untuk membangun Turgiditas sel. Vakuola bekerja sama dengan dinding sel berperan dalam turgiditas sel atau kekuatan sel.
5)    Menyimpan pigmen
Pada sel sel mahkota bunga, dibagian vakuolanya terdapat pigmen-pigmen warna, yaitu merah, biru, kuning danwarna lain. Itulah sebabnya mahkota bunga mempunyai berbagai macam warna yang menarik serangga.
6)    Menyimpan minyak atsiri
Minyak atsiri tergolong minyak eteris, cointohnya minyakl kayu putih, pepermin, dan aroma harum pada bunga.
  
  1. VAKUOLA PADA HEWAN (PROTOZOA)
1.    Vakuola makanan Protozoa memiliki dua macam vakuola yaitu:
Vakuola Makanan berfungsi untuk menyimpan dan mencernakanf makanan, lalu mengedarkannya keseluruh bagian sel.
2.    Vakuola berdenyut

      Vakuola Berdenyut berfungsi mengumpulkan dan membuang ampas metabolisme bentuk cair, serta mengatur kadar air dan gaaram dalam tubuh (sama fungsinya seperti ginjalk pada mahluk tingkat tinggi; disebut juga Osmoregulator) Ampas Metabolisme bentuk padat dikeluarkan dari sel ketika mahluk ini berpindah tempat.

MEKANISME KERJA VAKUOLA PADA PROTOZOA
Terdiri dari saluran- `saluran radial yang kecil pendek dan sebuah gembungan ditengah. Zat yang akan dibuang, Ampas metabolisme, dibuang masuk melalui saluran-saluran radial, berkumpul digembungan pusat, sampai gembungan itu penuh. Lalu dikeluarkan dari sel. Gembungan jadi hilang sebentar. Nanti muncul lagi, mula-mula kecil, makin lama makin besar dan kalau penuh lagi, dikeluarkan dan hilang. Proses ini berlangsung secara terus-menerus selama mahluk ini hidup (Yatim Wildan: 2003).

Tuesday, December 6, 2011

RPP berkarakter kelas X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :  SMA Negeri 6 Kota Cirebon
Mata Pelajaran         : Biologi
Kelas/Semester         : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                 : 1
Alokasi Waktu          : 1 jam pelajaran

Standar Kompetensi :  1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     :  1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan                       : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu,        Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli       lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.                   Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
·         Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup

II.                Materi Ajar
·         Pengertian Biologi sebagai ilmu
·         Ciri-ciri makhluk hidup

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan-diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati ciri-ciri makhluk hidup.
·        Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·     Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.

IV.             Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A.    Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
·         Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.     Kegiatan inti (30 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);
·         Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli             lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.)
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli    lingkungan);

V.                Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah

VI.             Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                          Guru Mata Pelajaran



.............................................                                                   ............................................
NIP/NIK.                                                                               NIP/NIK.